Minggu, 19 Desember 2010

Kelebihan dan Keunggulan Seorang Pemimpin



Berbagai literatur dalam dan luar negeri, yang kuno maupun yang mutakhir, yang tradisional maupun modern, yang sederhana maupun yang canggih, mengajarkan kepada kita bahwa seorang pemimpin harus selalu memiliki kelebihan dan keunggulan dari pada rakyatnya. Berikut ini petikan pendapat para pakar negara kepemimpinan :

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

1. " Pemimpin adalah pengaruh ". John Maxwell deskripsi satu kata, singkat dan sederhana, yang menempatkan kepemimpinan dalam jangkauan setiap orang. Kepemimpinan bukan jabatan, posisi, atau bagan alir ( Flowchart ). Kepemimpinan adalah suatu kehidupan yang mempengaruhi kehidupan lain.

2. " Karakter adalah kekuasaan ". Booker T. Washington, yang harus dipelajari dalam pelajaran pertama adalah kepemimpinan berwawasan luas dibangun dari karakter yang hakiki. Infrastruktur karakter yang baik sangat penting untuk mendukung tingkah laku ( behavior ) yang baik. Kepercayaan dan keterlibatan pengikut akan parallel dengan level karakter kita ( pemimpin ).

3. " Karakter adalah hasil pembiasaan dari sebuah gagasan dan perbuatan, Stephen R. Covey: ". Taburlah gagasan, tuailah perbuatan. Taburlah perbuatan, tuailah kebiasaan. Taburlah kebiasaan, tuailah KARAKTER. Taburlah karakter, tuailah nasib ". The Seven Habits of Highly Effective People.

4. " NASIB merupakan sisa dari rancangan", Branch Rickey selanjutnya menyatakan : "Orang banyak membicarakan nasib bagus dan nasib jelek, jarang sekali keberhasilan ditentukan oleh PELUANG. Orang bilang; " Nasib baik terjadi ketika peluang sesuai dengan persiapan ".

5. " Gunakan kekuasaan untuk membantu orang. Kita diberi kekuasaan tidak untuk meraih tujuan pribadi, atau membuat pertunjukan terbesar di dunia, dan bukan untuk mendapatkan nama. Hanya ada satu kegunaan kekuasaan yakni membantu orang." George Bush.


Oleh : Drs. Abdul Rahman Kadir, MM

Alamat : Pemerhati Komunikasi Politik

Jl. Adinegoro No. 14 dan Irama Kehidupan

Medan ( 20235 ) Mantan Ka.Kanwil Deppen SU

E. mail: ark_infokom @ plasa.com


6. " Sebagai aturan, ia yang punya INFORMASI terbanyak akan sukses paling gemilang dalam hidup ". Disraeli.

7. Pengembangan kepemimpinan adalah perjalanan sepanjang hidup, bukan kepergian singkat ". John Maxwell.

8. " Jika pemimpin menunjukkan kecakapan, perhatian kepada orang lain secara TULUS, dan karakter yang terpuji, maka rakyat akan mengikuti." T. Richard Chase.


Drs. Abdul Rahman Kadir, MM -- Mantan Ka.Kanwil Deppen SU.

0 komentar:

Posting Komentar